Traveling ke Luar Kota? Temukan Lokasi ATM Bersama untuk Memudahkan Kamu Ambil Uang!

Traveling kini seakan sudah menjadi gaya hidup yang makin banyak dilakoni oleh orang Indonesia. Tak terkecuali kamu yang mungkin juga punya hobi bepergian keliling nusantara, entah untuk urusan bisnis, update konten atau sekadar jalan-jalan dan belanja. Semakin banyaknya destinasi wisata yang populer di media sosial, juga ikut mendorong tingginya intensitas masyarakat untuk bepergian ke luar kota.

Membahas soal traveling ini, salah satu hal yang sangat penting untuk disimak adalah ketersediaan uang tunai. Mungkin kamu termasuk orang yang waspada dan memilih untuk membawa uang cash dalam jumlah sedikit. Namun dalam beberapa kesempatan, ada saja peluang terjadinya miscalculation yang berujung kebingungan karena persiapan dana tunai yang ternyata kurang. Nah, untuk mengatasi situasi seperti ini, pastinya kamu akan langsung kepikiran dengan ATM.

Hubungan Antara Ketersediaan Mesin ATM dengan Travelingmu

Kenapa kamu perlu memperhatikan ketersediaan mesin ATM saat akan bepergian? Kalau kamu pergi ke tempat saudara atau keluarga, mungkin tidak ada masalah dengan kebutuhan uang mendadak. Tapi, bagaimana jika tidak? Untuk itulah kamu perlu memperhitungkan berapa¬ uang tunai yang perlu disiapkan di dompet dengan pertimbangan keamanan dan apa saja yang akan kamu lakukan di tempat tersebut.

Nah, mesin ATM sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu sarana andalan para nasabah untuk melakukan transaksi secara mandiri tanpa bergantung pada jam operasional dan ketersediaan teller. Mesin yang bisa ditempatkan di mana saja ini membuat kamu dan nasabah lainnya tidak perlu antre untuk transaksi umum seperti tarik tunai, transfer uang, bayar tagihan iuran dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah tinggal di suatu tempat cukup lama, maka akan mengetahui pasti di mana saja lokasi mesin ATM dan alternatifnya. Lain lagi jika kamu sedang berada di tempat baru yang masih asing atau sedang di tengah perjalanan, besar kemungkinan kamu tidak tahu di mana lokasi mesin ATM yang bisa melayani kebutuhan transaksi keuanganmu.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi suatu tujuan dan membuat kalkulasi berapa uang tunai yang perlu kamu siapkan, tak ada salahnya memeriksa ketersediaan mesin ATM di sana terlebih dahulu. Ya, sekadar untuk berjaga-jaga. Lalu, bagaimana caranya mencari lokasi mesin ATM terdekat?¬

Cara Mencari Lokasi ATM Terdekat

Untuk mencari lokasi mesin ATM, baik itu dari lokasi terkinimu saat ini atau di daerah tertentu, dapat dilakukan dengan mudah di era serba digital ini. Nah, kalau kamu seorang traveler, pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi layanan lokasi seperti Google Maps, ya? Kamu bisa memanfaatkan layanan yang biasanya sudah disertakan secara bawaan oleh perangkat selulermu. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kamu sudah memiliki akun Google aktif di smartphone dan layanan lokasi yang terhubung.
  • Pastikan juga bahwa layanan GPS di ponselmu telah aktif.
  • Buka aplikasi Google Maps di ponselmu.
  • Ketikkan "ATM Bersama" di search bar, lalu sentuh ikon kaca pembesar di keypad
  • Kamu juga bisa menggunakankata kunci "ATM ... (isi dengan nama bankmu, misalnya BRI, BNI, Mandiri".
  • Berikutnya akan ditampilkan lokasi mesin-mesin ATM dengan radius tertentu di layar yang menunjukkan peta lokasimu saat ini.

Sebagai opsi lain dari aplikasi Google Maps, kamu juga bisa melakukan pencarian dengan menggunakan penelusuran Google yang ada di ponselmu.

Oya, kamu juga bisa melakukan pencarian sebelum berangkat ke tujuan traveling. Misalnya saat ini kamu masih di rumah di Jakarta dan ingin mencari lokasi mesin ATM Bank yang tergabung dalam ATM Bersama di daerah Semarang, maka kamu bisa melakukan langkah berikut:

  • Lakukan pencarian menggunakan kombinasi kata kunci "ATM Bersama Semarang" atau bahkan lebih akurat hingga ke nama jalan dan sebagainya.
  • Apabila hasil yang ditampilkan masih kurang detil, kamu bisa menggunakan pilihan "Lihat Lokasi Lainnya"

Jika kamu membutuhkan akses ke lokasi terminal ATM Bank anggota ATM Bersama tersebut dengan segera, kamu bisa langsung klik pilihan selengkapnya untuk mengetahui alamat dan rute petunjuk arah ke lokasi ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Bersama tersebut dari tempatmu berada saat ini.

Kamu juga bisa langsung mengakses situs layanan ATM Bersama di https://www.atmbersama.com. Dari halaman utama tersebut, kamu bisa memilih tab "Lokasi ATM Bersama" lalu mengetikkan lokasi di mana kamu berada saat itu atau kota tujuan traveling. Selanjutnya, tampilan lokasi ATM akan dimunculkan di dalam peta.

Kenapa ATM Bersama?

Mengapa kami menggunakan ATM Bersama sebagai contoh? Alasannya tentu karena jaringan ATM ini merupakan salah satu jaringan interbank terbesar di Indonesia, dan besar kemungkinan kamu juga menggunakan layanannya. Coba deh lihat kartu ATM-mu di dompet, ada logo ATM Bersama, tidak? Jaringan ATM Bersama ini dapat digunakan untuk melayani nasabah dari 91 bank di Indonesia dan terkoneksi ke 77 ribu lebih mesin ATM di penjuru Tanah Air.

Beberapa bank yang ikut dalam jaringan ATM Bersama ini di antaranya adalah Bank Muamalat, Bank Mandiri, Bank Bukopin, HSBC, CIMB Niaga dan lain sebagainya. Bisa dikatakan sebagian besar bank di Indonesia tergabung dalam jaringan ATM ini. Ya, selain bank-bank terkemuka, baik bank BUMN maupun swasta, masih banyak lagi bank dan instansi lain yang menggunakan jaringan ini.

Nah, jika kamu ingin menggunakan layanan jaringan ATM Bersama ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui, di antaranya soal besaran tarif dan tips yang perlu kamu terapkan berhubungan dengan penggunaan ATM. Rata-rata biaya per transaksi yang perlu kamu ketahui di ATM Bersama antara lain:

  • cek saldo Rp 4.000
  • transfer antarbank Rp 6.500
  • tarik tunai Rp 7.500
  • transfer antar bank via internet banking, mobile/sms banking Rp 6.500

Tentunya biaya tersebut bisa berbeda di setiap Bank, karena beberapa Bank memberikan fasilitas transaksi free of charge alias gratis biaya transaksi. Jadi kamu bisa mencari informasi kepada CS Bank tempat mu menabung apakah mereka memberikan fasilitas tersebut.

Tips Aman Bertransaksi di ATM

Dalam memilih lokasi ATM, kamu juga perlu memperhatikan tentang keamanan. Selain tindak kejahatan memang tidak mengenal waktu dan tempat, resiko akan menjadi semakin tinggi jika kamu lengah. Inilah mengapa kamu tetap harus berhati-hati ketika bertransaksi di mesin ATM yang meskipun dilengkapi dengan kamera pengawas. Hal yang wajib kamu perhatikan di antaranya adalah:

Lokasi ATM

Saat melakukan pencarian lokasi ATM, tak ada salahnya kamu lebih mengutamakan tempat yang cukup ramai, terang dan ada petugas keamanan di sekitarnya. Jika lokasi yang muncul di peta membuatmu kurang yakin, sebaiknya ajak teman untuk menemani.

Ada Kamera Pengawas

Mayoritas ruang ATM sudah dilengkapi dengan kamera pengawas yang membuat segala kegiatan yang terjadi di dalam dan sekitar mesin ATM dapat direkam. Adanya kamera ini akan membuat orang berpikir dua kali sebelum melakukan aksi jahatnya, kecuali kamu lengah.

Kondisi Mesin ATM

Tak ada salahnya kamu sedikit memperhatikan kondisi mesin ATM dari berbagai benda mencurigakan. Tempat yang perlu kamu waspadai adalah di bagian slot kartu dan tempat keypad. Pastikan tidak ada benda-benda aneh dipasang di kedua bagian tersebut untuk memastikan tidak ada alat untuk melakukan skimming. Hal ini penting dilakukan jika kartu ATM masih menggunakan sistem magnetik, bukan chip. Jangan ragu menghubungi call center jika ada hal yang mencurigakan.

Ganti PIN secara berkala

Pihak bank menganjurkan kamu untuk mengganti PIN secara berkala setidaknya 3 bulan sekali menggunakan kombinasi angka yang tidak mudah ditebak. Hal ini untuk¬ menekan resiko penyalahgunaan data dan pencurian.¬

Demikianlah cara mencari lokasi ATM yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama yang bisa menjadi solusi saat kamu memerlukan uang tunai atau melakukan transaksi saat sedang di luar kota. Dengan begitu, acara bepergian akan berjalan lancar tanpa terganggu dengan masalah keuangan.