Beragam Keuntungan Kartu Berlogo GPN yang Harus Kamu Rasakan!

Pastinya kamu sudah pernah mendengar tentang istilah GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional, bukan? Kalau kamu belum pernah mendengar tentang GPN, coba sekarang kamu lihat kartu ATM yang ada di dompetmu, adakah logo bergambar burung Garuda yang sedang terbang dengan tulisan GPN di bawahnya? Jika terdapat logo GPN di kartu ATM-mu, berarti kamu bisa menggunakan kartu ATM berlogo GPN kamu untuk melakukan transaksi melalui mesin EDC bank manapun di seluruh Indonesia.

Saat ini pemerintah mengimbau penerapan GPN kepada semua bank yang ada di Indonesia. Karena semua transaksi debit di Indonesia di wajibkan untuk melalui GPN dalam rangka mendukung transaksi pembayaran secara domestik. Itu artinya, kamu yang menjadi nasabah bank apapun di Indonesia akan tetap menggunakan sistem GPN ini. Mengapa pemerintah, dalam hal ini diwaklili oleh Bank Indonesia, gencar memperkenalkan inisiasi GPN ini kepada bank dan nasabah? Tentu ada alasannya.

Tentang Gerbang Pembayaran Nasional

Gerbang Pembayaran Nasional adalah sistem yang berfungsi untuk mengintegrasikan transaksi antar bank. Sama seperti jaringan principal luar negeri diantaranya VISA, Mastercard dan Cirrus.  Bedanya, GPN merupakan sistem milik Indonesia. Inilah alasan yang kemudian membuatnya bernama "Nasional".

Program GPN ini sudah melalui proses kajian yang sangat panjang dan bukan program prematur yang asal jadi. Program telah ini dikaji selama 20 tahun hingga akhirnya diresmikan pada Mei 2018 silam dan sampai saat ini masih terus disosialisasikan baik oleh Bank Indonesia maupun Bank kepada masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkan kartu berlogo GPN ini, nasabah bisa menukarkan kartu ATM mereka ke kantor bank penerbit kartu tersebut  dengan membawa kartu identitas dan buku tabungan.

Untuk Apa GPN Ini?

Sebenarnya, GPN diperkenalkan kepada masyarakat untuk memudahkan layanan transaksi non tunai saat melakukan berbagai pembayaran. Dengan menggunakan kartu ini, nasabah bank bisa melakukan pembayaran di semua merchant yang memiliki mesin EDC berlogo GPN yang tersebar di seluruh Indonesia. Entah itu mesin EDC bank tertentu, selama kartu tersebut memiliki logo GPN, maka dapat digunakan untuk membayar di merchant tersebut.

Dengan penjelasan tersebut, bisa dikatakan bahwa adanya kartu berlogo GPN ini bertujuan untuk mendorong masyarakat dalam mengurangi transaksi yang menggunakan uang kertas. Dengan kata lain, pemerintah ingin membuat sistem pembayaran yang tidak melibatkan uang tunai (cashless) kepada masyarakat luas sehingga mendorong terciptanya sistem perdagangan berbasis elektronik.

Di sini, bukan hanya pemerintah yang diuntungkan dengan tercapainya beberapa program yang dicanangkan, tetapi utamanya juga para pedagang dan nasabah. Jadi, meskipun kamu ada di posisi sebagai pedagang (merchant) sekalipun, masih ada beberapa manfaat yang juga bisa dirasakan. Beragam manfaat tersebut akan sangat sayang jika harus kamu lewatkan.

Berbagai Keuntungan Memiliki Kartu GPN¬

Nah, jika kamu sudah mulai memiliki gambaran tentang apa itu GPN, muncul pertanyaan apa saja keuntungannya jika kamu menukarkan kartu ATM mu itu dengan kartu GPN? Yang jelas, kamu akan mendapat kartu ATM yang baru. Maksudnya bukan sekadar kartu yang kinclong lho ya, tapi juga kartu yang mengadopsi teknologi terbaru yang menggunakan chip mirip di SIM Card ponsel.

Menggunakan kartu berlogo GPN yang menggunakan chip, akan membuat kamu lebih aman dari risiko pencurian data, skimming. Seperti yang diketahui, skimming¬ ini masih saja terjadi di berbagai daerah, terutama di kawasan wisata. Nah, pemilik kartu ATM lawas yang masih menggunakan sistem magnetic harus waspada dengan ancaman pencurian yang satu ini, sebaiknya kamu buru-buru ganti deh kartu debit mu menjadi kartu GPN yang telah menggunakan chip.

Adapun beberapa keuntungan saat kamu menggunakan kartu ATM berlogo GPN, yaitu;

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu akan terbebas dari biaya tambahan apapun pada setiap merchant di seluruh Indonesia.

Aman, Andal, Terpercaya

Kini kamu bisa melakukan transaksi pembayaran non tunai dengan lebih mudah dan leluasa, karena dengan kartu ATM berlogo GPN, kamu dapat melakukan transaksi melalui mesin EDC milik bank apapun di Indonesia. Tentunya dengan keamanan yang lebih terjamin.

Aman dengan Teknologi Chip

Jika kamu pengguna kartu debit berlogo GPN, maka kartu kamu sudah dilengkapi dengan teknologi chip yang menyimpan informasi tentang pemiliknya didalamnya, chip pada kartu ATM-mu akan meminta 6 digit PIN atau personal identification number sebelum melakukan proses transaksi, jika PIN tersebut tidak dimasukkan, maka transaksipun tidak akan terjadi. Karena itulah, pastikan kamu tidak membagikan PIN ATM kamu kepada siapapun.

Tanpa Transaksi Minimum

Dengan Kartu ATM berlogo GPN, kamu dapat melakukan transaksi dengan nominal berapapun, tanpa dibatasi jumlah transaksi minimum.

Selain poin-poin di atas, manfaat Gerbang Pembayaran Nasional yang dapat kamu rasakan secara umum adalah;

Kenyamanan

GPN tentunya memberi kamu beragam kemudahan bertransaksi dengan berbagai fitur yang telah terstandarisasi nasional.

Efisiensi

Transaksi yang kamu lakukan melalui GPN telah menerapkan standardisasi biaya pemrosesan domestik.

Kemudahan Akses

GPN sebagai kanal pembayaran nasional yang resmi dan dapat memproses seluruh kartu ATM dari bank yang terdaftar di Indonesia.

Keamanan Nasional

Segala transaksi melalui GPN akan diproses di dalam negeri, sehingga informasi-informasi terkait dengan transaksi tersbut akan aman dari berbagai risiko peretasan.

Data & Informasi

Penyimpanan data dan transaksi yang terjamin dengan penjagaan nasional oleh negara.

Jika dispesifikkan, GPN memberi banyak manfaat bagi masyarakat dan juga merchant, sebagai berikut;

1. Manfaat GPN bagi Masyarakat

a. Aksesibilitas

Kartu debit berlogo GPN dari bank manapun dapat diterima oleh semua mesin EDC pada seluruh toko atau merchant di Indonesia.

b. Nyaman

Dapat melakukan transaksi di manapun tanpa membawa uang tunai di seluruh Indonesia.

c. Efisiensi

Kartu debit berlogo GPN dapat digunakan di mesin EDC manapun, sehingga lebih efisien baik dari segi biaya dan waktu.

d. Fitur & Layanan Terstandardisasi

User experience yang sama dan mudah.

2. Manfaat GPN bagi Merchant

a. Aksesibilitas

Merchant dapat memproses semua kartu debit berlogo GPN dari bank manapun.

b. Efisiensi

Cukup satu mesin EDC di toko atau merchant untuk memproses kartu ATM berlogo GPN dari bank manapun di seluruh Indonesia.

c. Fitur & Layanan Terstandardisasi

Merchant Discount Rate (MDR) yang lebih kompetitif, yaitu satu harga untuk seluruh Acquirer.

d. Peningkatan Bisnis

Merchant dapat meningkatkan potensi transaksi dengan menerima semua kartu berlogo GPN dari bank manapun.

Bagaimana, menarik sekali bukan keuntungan yang ditawarkan dari kartu berlogo GPN tersebut? Akan sangat disayangkan jika kamu tidak segera ikut merasakan manfaat yang ditawarkan tersebut. Terlebih jika kamu termasuk generasi milenial yang menggunakan kartu ATM dengan intensitas yang cukup tinggi untuk membayar belanjaan online, tagihan bulanan hingga iuran sekolah.

Meskipun kartu GPN memiliki banyak manfaat, tentu akan lebih adil jika kita membahas konsekuensi lain. Bagi kamu yang sering melakukan transaksi luar negeri, seperti mengimpor produk atau membeli konten dari luar negeri melalui transaksi e-commerce, kamu belum bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu debit GPN ini, karena saat ini kartu GPN baru dapat melayani transaksi dalam negeri. Untuk transaksi internasional, kamu bisa memilih opsi lain, yaitu dengan menggunakan kartu berlogo prinsipal luar negeri.

Itu saja kurang lebih sisi negatif jika kamu ingin segera beralih ke kartu berlogo GPN. Inisiasi GPN sendiri juga masih terus ditingkatkan akseptansinya oleh pemerintah, tak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu kedepan GPN sudah bisa dilakukan untuk transaksi online / e-commerce. Jadi tunggu terus update berita terbaru seputar kemajuan program GPN ini.

Bagaimana, tertarik untuk segera memiliki kartu ATM baru berlogo GPN ini? langsung saja kunjungi kantor cabang bank yang menaungi rekeningmu untuk menukarkan kartu ATM. Di sana, petugas akan menjelaskan bagaimana proses mendapatkan kartu, seperti mengisi formulir, menyerahkan kartu ATM lama, menunjukkan kartu identitas (e-KTP) dan buku tabungan (jika diminta). Selanjutnya, kamu bisa langsung mendapatkan kartu baru berlogo GPN yang sudah aktif dan bisa digunakan.¬ Selamat menikmati manfaat kartu GPN!