Tabungan Berjangka, Solusi Wujudkan Impian di Masa Mendatang

Menabung merupakan suatu kebiasaan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki. Budaya menabung sudah diajarkan oleh orangtua sejak dini. Setelah dewasa, kegiatan menabung sangat penting dilakukan untuk berjaga-jaga jika di masa depan terdapat kebutuhan yang mendadak dan mendesak sehingga segala kebutuhan tersebut akan dapat terpenuhi.

Seiring dengan perkembangannya, kini cara untuk menabung pun menjadi lebih beragam. Beberapa diantaranya yaitu menabung di bank, disimpan dalam brankas, saham, investasi, dan lain sebagainya.

Dikutip dari Lifepal.co.idkegiatan menabung memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu mencegah untuk berutang, belajar memiliki sikap hemat, melatih disiplin, terampil dalam mengelola keuangan, melatih kesabaran, dan belajar lebih menghargai uang.

Walaupun kegiatan menabung sangat bermanfaat, seringkali orang-orang belum bisa menyisihkan uangnya untuk menabung. Ada beberapa faktor, diantaranya yaitu beranggapan bahwa penghasilannya belum cukup untuk disisihkan ke dalam tabungan, terlalu boros sehingga tidak ada uang tersisa yang bisa ditabung, banyak cicilan sehingga menabung tidak menjadi prioritas. Padahal arti penting dari menabung tidak berdasarkan besaran nominal uang yang disisihkan, melainkan untuk mengubah mindset dan melatih kedisiplinan agar masa depan yang baik tetap terjaga dengan adanya tabungan.

Tabungan Berjangka

Ada solusi bagi orang-orang yang merasa kesulitan untuk menabung. Salah satunya dengan menggunakan produk perbankan yang bernama tabungan berjangka. Dikutip dari bankmandiri.co.id, tabungan berjangka merupakan produk keuangan dari bank yang dibuat untuk membantu nasabah dalam merencanakan keuangan pada jangka waktu tertentu. Misalkan, untuk dana pendidikan anak, untuk biaya menikah, dan lain sebagainya.

Jangka waktu menabung di tabungan berjangka cukup bervariasi, mulai dari 6 bulan hingga 20 tahun, tergantung pula dari syarat dan ketentuan setiap bank. Namun, karena memiliki jangka waktu, maka tidak diperbolehkan mengambil uang sebelum mencapai jangka waktu yang sudah ditentukan. Denda akan dikenakan ke nasabah jika mencairkan sebelum waktunya. Tabungan berjangka memiliki sistem auto debet atau tarik uang langsung dari rekening terdaftar, sehingga hal ini lebih memudahkan dalam menabung bagi yang sering susah dalam menyisihkan uang untuk menabung.

Keuntungan Memiliki Tabungan Berjangka

BFriends, sudah tahu keuntungan yang diperoleh jika memiliki tabungan ini? Berikut beberapa keuntungan memiliki tabungan berjangka, yaitu :

  1. Sistem Auto Debet
    Tabungan berjangka memiliki sistem tarik dana otomatis langsung dari rekening tedaftar sehingga akan lebih mudah mengisi saldo tabungan dan lebih disiplin. Waktu auto debetnya bisa disesuaikan dengan keinginan nasabah.
  2. Setoran Awal Rendah
    Walaupun setiap bank memiliki ketentuan setoran awal yang berbeda, namun secara keseluruhan tetap setoran awal tabungan berjangka relatif terjangkau. Ada yang Rp 100.000 dan juga ada Rp 500.000.
  3. Suku Bunga Tinggi
    Tabungan ini memiliki suku bunga yang relatif lebih tinggi daripada tabungan konvensional. Suku bunga tabungan berjangka dapat mencapai 1-4 % per tahun.
  4. Rekening Aman
    Bank merupakan peserta program Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga dana tabungan berjangka akan lebih aman. Selain itu, adanya perkembangan teknologi yang semakin maju maka sistem keamanan rekening pun lebih terpercaya.
  5. Adanya Asuransi
    Walaupun setiap bank memiliki kebijakan masing-masing mengenai asuransi ini, namun ada 3 asuransi yang paling umum digunakan, yaitu asuransi jiwa (untuk kejadian seperti cacat tetap atau meninggal dunia), asuransi kesehatan dan asuransi setoran (bank memberi jaminan untuk meneruskan setoran tabungan sampai jangka waktu tertentu berakhir jika nasabah, karena suatu sebab, tidak dapat meneruskannya).

Kapan Saat yang Tepat untuk Memiliki Tabungan Berjangka?

Saat yang tepat untuk memiliki tabungan berjangka yaitu ketika memiliki suatu rencana masa depan dan dana yang ditabung akan dipakai dalam waktu dekat, misalkan dalam jangka waktu 1 – 3 tahun. Misalkan jika Anda ingin membeli rumah dan diharuskan membayar DP, maka Anda mendaftar tabungan berjangka 1 tahun untuk membayar DP rumah tersebut pada tahun depan. Suku bunga tinggi yang didapatkan akan memberikan keuntungan, walaupun manfaat terbesar dari tabungan tersebut adalah simpanan dana yang terjamin. Ada beberapa layanan tabungan berjangka yang ditawarkan oleh bank, diantaranya yaitu Tahapan Berjangka BCA, Mega Rencana, BritAma Rencana BRI, Mandiri Tabungan Rencana, BJB Tandamata Berjangka, BNI Tapenas, Taka Bunga OCBC NISP, BTPN Taseto Mapan, dan lain sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu dan memiliki fitur mobile banking.