Manfaat QRIS Bagi Merchant yang Ingin Semakin Berkembang

Sebenarnya banyak manfaat QRIS bagi merchant dan pedagang. Selain memudahkan transaksi, QRIS terbukti mampu meningkatkan omset. Ya, anda tidak salah baca. Omset merchant bisa meningkat.

 

Oleh sebab itu, konten ini wajib untuk dibaca. Karena pastinya akan bermanfaat, terutama bagi anda sebagai pemilik merchant.

 

Manfaat QRIS Bagi Merchant di Indonesia

 

Masih banyak merchant yang belum memasang QRIS sebagai metode pembayaran. Beberapa merchant biasanya beralasan:

  • Tidak tahu bagaimana cara daftarnya
  • Bingung dengan proses transaksinya
  • Tidak merasa QRIS akan memberikan manfaat apapun

 

Faktanya, cara daftar QRIS sangatlah mudah. Penggunaannya juga memudahkan transaksi. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan merchant yang sudah menggunakan QRIS. Manfaat tersebut antara lain:

 

Merchant Tampak Lebih Profesional

 

Merchant yang memiliki QRIS sebagai pilihan metode pembayaran akan dirasa customer sebagai merchant yang profesional dan kekinian. Hal ini tentunya akan sangat baik bagi branding merchant anda.

 

Meja Kasir Jadi Lebih Tertata

 

Banyak kejadian dimana merchant harus memasang banyak sekali QR code di depan meja kasir. Hal ini tentu kurang enak dipandang dan merepotkan. QRIS memastikan anda cukup memiliki 1 QR code yang membantu setiap orang melakukan pembayaran menggunakan metode apapun dari aplikasi transaksi online yang kustomer miliki.

 

Memudahkan Kerja Kasir

 

Adanya QRIS di merchant juga akan memudahkan kasir dalam bekerja. Kasir menjadi tidak terlalu repot dalam mengurus uang kembalian. Selain itu, kasir juga tidak perlu terlalu repot dalam menghitung uang cash yang diberikan customer. Kesalahan hitung saat menerima uang, ataupun saat memberikan kembalian juga bisa dihindari.

 

Menghindari Risiko Uang Palsu

 

Uang yang diterima harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai merchant mengalami kerugian karena mendapatkan uang palsu. Penggunaan QRIS akan menghindarkan kejadian dimana kasir lalai dalam memeriksa keaslian uang.

 

Mengefisiensikan Jumlah Karyawan

 

Jika sebelumnya butuh karyawan untuk mengisi beberapa pos seperti kasir, admin keuangan, beberapa akunting, dan team finance, dengan menggunakan QRIS maka jumlah karyawan bisa lebih efisien. Ini karena data transaksi akan langsung masuk secara otomatis sehingga kasir atau anda sekalipun bisa langsung memeriksa data.

 

Bisa Melihat Kondisi Penjualan Kapanpun dan Dimanapun

 

Sebagai pemilik merchant yang mempercayakan semuanya kepada karyawan, mengetahui kondisi penjualan sangatlah penting. Menanyakan kepada karyawan memang bisa dilakukan, namun akan lebih efektif jika anda melihat catatan keuangan secara langsung melalui fitur pembukuan dari QRIS. Kapapun dan dimanapun semua transaksi bisa anda cek. Bukan hanya kondisi transaksi hari ini, namun hari kemarin ataupun 1 bulan terakhir ini.

 

Menghindari Kecurangan Pembukuan Oleh Karyawan

 

Banyak kejadian dimana karyawan melakukan kecurangan dengan memodifikasi pembukuan transaksi tunai. Hal ini tentu merugikan merchant anda. QRIS memastikan kejadian tersebut bisa dihindari karena uang yang dibayarkan kustomer akan langsung terdata dalam sistem.

 

Meningkatkan Penjualan

 

Merchant dengan QRIS akan lebih banyak didatangi customer, terutama customer milenial yang notabene aplikasi pembayaran online yang dimiliki sangat beragam. Selain itu, merchant juga akan lebih ramai dari mereka yang ingin memanfaatkan promo-promo menarik jika membeli barang di merchant yang bisa melakukan pembayaran dari aplikasi seperti OVO, DANA, ShopeePay, GoPay, dan berbagai aplikasi metode pembayaran lainnya.

 

Meningkatkan Informasi Credit Profile

 

Merchant yang telah tergabung sebagai merchant pengguna QRIS akan memiliki skor Credit Profile yang lebih baik di bank. Hal ini akan membantu anda jika suatu saat membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha. Misalnya mencari modal tambahan untuk membuka merchant-merchant baru di banyak tempat.

 

Itulah beberapa manfaat QRIS bagi merchant yang sudah menggunakannya sebagai metode pembayaran. Jika belum memilikinya, segera daftar. Untuk pendaftaran sebagai merchant QRIS, silahkan cek: Cara Daftar QRIS