Ingin Hemat Walau Sering Transaksi Online? Ini Solusinya

Semakin mudahnya melakukan transaksi online memang menyenangkan. Namun banyak yang kaget karena pengeluaran ternyata jadi membengkak. Maka dari itu, beberapa orang akhirnya memilih menghapus aplikasi yang memudahkan transaksi online supaya tidak lagi berbelanja online. Apakah menghapus aplikasi menjadi solusi? 

Tindakan uninstal ini sebenarnya adalah hal yang diperbolehkan. Sayangnya, hal tersebut bukan menjadi solusi terbaik. Karena bagaimanapun juga, aplikasi yang memudahkan transaksi online itu penting. Terutama di era seperti sekarang ini. Hal terbaik yang perlu dilakukan tentunya dengan membatasi pengeluaran.

Solusi Agar Lebih Hemat Saat Transaksi Online

Kemudahan transaksi online bukan hanya kemudahan dalam membeli barang secara online. Kemudahan ini termasuk kemudahan transaksi dengan sistem “Bayar Nanti”. Hal ini tentunya membuat seseorang menjadi semakin terangsang untuk terus berbelanja.

Sebagai solusinya, beberapa tips berikut bisa dilakukan:

  1. Buat Rekening Terpisah untuk Dana Belanja

    Belanja yang sifatnya konsumtif harus dibatasi. Membatasinya dengan menentukan budget belanja bulanan memang menjadi cara efektif. Namun cara ini memiliki kelemahan seringkali kita sulit menghitung mana pembelanjaan yang memang dibutuhkan, mana yang tidak perlu.

    Oleh sebab itu, anda perlu membuat rekening sendiri yang memisahkan antara rekening untuk pembelanjaan kebutuhan yang memang penting, dengan pembelanjaan yang sifatnya konsumtif. Setiap bulan, masukkan budget yang sudah ditentukan ke dalam rekening untuk kebutuhan konsumtif ini. Dengan demikian, pengeluaran yang sifatnya konsumtif benar-benar dapat dibatasi tanpa anda terlalu repot menghitung atau mencatat pengeluaran.
  2. Selalu Bandingkan Harga dan Promo

    Membandingkan harga antara toko yang satu dengan toko yang lain saat ini semakin mudah. Walaupun membandingkan harga ini bisa memakan waktu 1 jam atau bahkan lebih, namun jika hal ini dapat menghemat beberapa ratus ribu, atau bahkan menghemat beberapa juta rupiah, tentunya harus dan wajib dilakukan.

    Namun jangan hanya bandingkan harga. Pastikan juga untuk membandingkan promo antara toko yang satu dengan toko yang lain. Atau membandingkan promo antara toko online yang satu dengan toko online lainnya. Setelah menghintung secara teliti, anda bisa menentukan mana yang lebih murah. Karena walaupun harga dasar lebih mahal, bisa jadi harga barang menjadi jauh lebih murah dibandingkan toko lainnya karena adanya promo.
  3. Siapkan Beberapa Aplikasi Metode Pembayaran

    Berbagai metode pembayaran saling berebut mencuri hati kita sebagai pengguna. Mereka memberikan event dan promo yang sangat menarik. Misalnya gratis ongkos kirim, cashback yang sangat besar, atau bahkan promo potongan harga lebih dari 50 persen jika melakukan pembayaran online dengan menggunakan aplikasi tertentu.

    Oleh sebab itu, memiliki beberapa aplikasi untuk pembayaran online adalah solusi yang efektif agar tidak boros saat transaksi online. Ketika suatu aplikasi pembayaran online sedang mengadakan event dan promo, kita bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan harga barang yang jauh lebih murah.

    Bahkan ada loh yang menjadikan kesempatan event dan promo ini untuk membeli barang dengan harga murah lalu menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Jadi kalau transaksi online bulanan kita besar untuk mendapatkan keuntungan yang juga besar, mengapa kita tidak ikut mencobanya?
  4. Belajar Memahami Nilai Barang

    Solusi terakhir agar transaksi online tidak membuat pengeluaran terus “bocor” adalah dengan memahami nilai barang. Maksudnya adalah, ketika anda hendak membeli suatu barang, pahami apakah barang tersebut memang pantas dibeli dengan harga tersebut. Jika memang ada barang pengganti dengan fungsi serupa namun harganya jauh lebih murah, tentu sangat disarankan untuk membeli barang yang lebih murah tersebut.

    Contoh adalah pakaian. Banyak sekali pakaian yang dijual dengan harga jutaan padahal pakaian dengan kualitas yang sama persis (atau bahkan berkualitas lebih baik) tersedia dengan harga yang jauh lebih murah. Ya, tidak ada salahnya mencari barang yang lebih murah selama kualitasnya setara atau bahkan lebih baik.

Memang transaksi online merangsang banyak orang untuk hidup boros. Namun dengan pengetatan pengeluaran dan perencanaan belanja yang baik, transaksi online merupakan masa depan karena memiliki manfaat yang sangat besar.