Cara Mudah Jadi Merchant QRIS

Pembayaran berbasis QR sudah banyak kita jumpai dimana-mana, mulai dari skala merchant atau toko yang berada di pusat perbelanjaan, sampai usaha yang lokasinya di pinggir jalan pun sudah bisa menerima pembayaran menggunakan metode QR Code. Berbagai institusi penyelenggara uang elektronik berlomba-lomba untuk dapat memperluas akseptansi pembayaran QR salah satunya dengan memperbanyak merchantnya. Nggak heran kalau kita dapat menemukan lebih dari satu QR Code pada satu merchant. Nah, untuk mempermudah dan keamanan masyarakat atau pengguna dalam menggunakan pembayaran QR, Bank Indonesia bersama-sama dengan seluruh industri sistem pembayaran serta PJSP di Indonesia mengembangkan satu standard untuk QR Code yang saat ini dikenal dengan nama QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Dengan adanya QRIS, merchant hanya perlu satu QR Code untuk dapat digunakan oleh seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran manapun baik bank dan nonbank yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Tentu dengan demikian akan lebih memudahkan bagi merchant dan juga customer. Tingkat keamanannya pun juga sudah terjamin sehingga tidak perlu khawatir jika ingin mencoba menggunakannya.

Cara Jadi Merchant QRIS

QRIS sendiri pun diharapkan dapat menjangkau berbagai lapisan usaha, mulai dari pedagang kaki lima, UMKM, sampai dengan toko- toko yang ada di pusat perbelanjaan. Untuk merchant yang ingin bergabung menjadi merchant QRIS tentu sangatlah mudah, yuk simak ketentuannya;  

  1. Apabila belum memiliki account, buka terlebih dahulu dengan datang ke kantor cabang atau mendaftar online pada salah satu PJSP penyelenggara QRIS yang berada terdaftar disini.
  2. Lengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP tersebut.
  3. Tunggu proses verifikasi, pembuatan Merchant ID dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP.
  4. PJSP akan mengirimkan sticker
  5. Install aplikasi yang ditentukan PJSP sebagai merchant QRIS.
  6. PJSP akan melakukan edukasi kepada merchant mengenai tata cara menerima pembayaran QRIS sebelum mulai beroperasi menerima pembayaran QRIS.

Cukup mudah ya, jadi jika kamu memiliki usaha dan tertarik mendaftar sebagai merchant yang dapat menerima pembayaran QRIS, kamu bisa cek juga info lebih lengkap seputar QRIS melalui video berikut.

Aman dan Mudah kan transaksi menggunakan QRIS, jadi Ayo Pake QRIS!