Cara Capai Kebebasan Finansial untuk Gen Z

Jika kamu lahir di antara tahun 1997 dan 2015 berarti kamu masuk ke dalam Gen Z, kamu merupakan generasi pertama yang tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya dunia digital. Ini telah menciptakan nilai-nilai yang berbeda dan memberi perspektif yang berbeda pula tentang dunia dari generasi sebelumnya. Dalam lingkungan di mana generasi milenial telah diidentifikasi sebagai generasi termiskin sepanjang masa, Gen Z memiliki kesempatan untuk belajar dari kesalahan sebelumnya dan memanfaatkan peluang yang tersedia di dunia saat ini.

Sebagai generasi yang tumbuh dalam arus informasi yang serba cepat dan mudah untuk diakses, Gen Z dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mencari informasi terkait financial . Meskipun Gen Z mungkin memiliki perspektif yang berbeda tentang uang daripada generasi sebelumnya, masih ada beberapa pelajaran abadi yang dapat diterapkan pada generasi manapun.

Pentingnya Penetapan Tujuan

Penting untuk mengetahui ke mana kamu ingin pergi dan apa yang ingin kamu capai. Setelah melakukan hal tersebut, kamu dapat membuat jalur yang lebih jelas dan memungkinkan membuat keputusan yang selaras dengan tujuan akhir.

Lalu tujuan keuangan manakah yang harus ditetapkan Gen-Z?
Ada banyak tujuan financial yang bisa mulai ditetapkan oleh Gen- Z, misalnya membeli rumah, mobil, memulai bisnis dan lain- lain. Dengan tujuan yang jelas tentu akan lebih mudah untuk menentukan modal dan usaha apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.  Memiliki tujuan itu hebat, tetapi proses menetapkan tujuan juga sangat penting, sehingga kamu perlu benar- benar memikirkan hal tersebut  

Tips Keuangan Pribadi untuk Gen Z

Disiplin Menciptakan Kebebasan

Seperti halnya apapun, dibutuhkan disiplin dan komitmen untuk membentuk kebiasaan positif dan melakukan perubahan. Dengan disiplin keuangan, semua menjadi terkendali dan membuka peluang baru untuk maju secara financial.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat perencanaan anggaran di setiap awal bulan. . Memiliki anggaran dapat mengurangi kemungkinan hidup dari gaji ke gaji dan meningkatkan kemungkinan menghemat uang. Membuatanggaran memang membutuhkan usaha, tetapi seiring waktu hal tersebut akan menjadi kebiasaan baik dan menjadi mudah untuk dilakukan.

Selain perencanaan anggaran, hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih disiplin adalah memisahkan rekening tabungan dengan rekening yang digunakan sehari- hari. Setelah itu, kamu bisa melakukan transfer secara otomatis di setiap bulannya ke rekening tabungan dengan nominal yang sudah ditentukan di awal. Dengan demikian gaji tidak akan habis dengan percuma.

Dengan pandai dalam melakukan kontrol keuangan akan memberikan manfaat yang besar di masa mendatang salah satunya kamu bisa mencapai kebebasan financial.

Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah rekening tabungan yang hanya digunakan untuk keadaan darurat seperti menutupi pengeluaran setelah kehilangan pekerjaan atau tagihan medis yang tidak terduga. Dana darurat bukanlah jenis rekening khusus, melainkan rekening tabungan terpisah yang ditempatkan dalam rekening yang mudah untuk diambil dan dicairkan.Dana darurat tidak hanya membantu menutupi pengeluaran tak terduga, tetapi juga bertindak sebagai blok bangunan untuk sisa gambaran keuangan kamu. Setelah memiliki dana darurat, kamu dapat lebih leluasa dalam menggunakan uang untuk kebutuhan lainnya.

Ketika masih muda, menabung sepertinya bukan hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Tetapi kebebasan yang datang dengan memiliki dana darurat yang sudah mapan akan memberi  kamu pilihan untuk melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan dengan uang  di masa depan.

Jadilah Proaktif dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi

Merencanakan hal-hal yang belum terjadi bisa terasa berlawanan dengan intuisi, namun ketika sudah terlambat kamu akan merasa menyesal bahwa mengapa tidak mengambil tindakan lebih awal. Berpikir dan bertindak proaktif dalam financial tentu tidak mudah, contoh mulai menabung untuk masa pensiun, hal tersebut terasa masih sangat jauh tetapi jika tidak disiapkan selagi muda tentu akan menyusahkan diri sendiri nantinya.Dengan berpikir proaktif dan merencakan masa depan, akan membuat kamu merasa lebih siap secara mental maupun financial ketika saatnya tiba.

Itulah pentingnya pengelolaan keuangan pribadi agar dapat membuat keputusan terbaik untuk sekarang dan masa depan. Mendapatkan informasi literasi keuangan dari sumber tepercaya dapat membantu kamu dalam menentukan strategi untuk mencapai kebebasan finacial di masa depan.