5 Tips Agar Bisa Melakukan Transaksi Online dengan Aman

Transaksi online kini menjadi suatu gaya hidup baru. Namun tetap harus waspada karena banyak oknum yang siap mengintai. Ya, walaupun memberikan banyak manfaat, namun ada potensi kerugian yang bisa timbul akibat adanya pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lantas apa solusi yang perlu dilakukan?

Tips Agar Lebih Aman Saat Transaksi Online

Tentu saja solusi terbaiknya adalah dengan lebih berhati-hati. Pastikan melakukan transaksi online dengan aman dan pahami hal-hal apa saja yang harus dihindari. Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar bisa aman saat bertansaksi online. Hal tersebut antara lain adalah:

Hindari Membayar Langsung Ke Rekening Penjual

Metode penipuan paling umum y7ang dilakukan penipu saat bertransaksi jual beli secara online adalah dengan meminta kalian mentransfer terlebih dahulu uang langsung ke rekening penjual. Hal seperti ini harus dihindari. Sebisa mungkin mintalah agar:

  • Bisa melanjutkan proses jual beli lewat marketplace
  • Meminta pembelian secara tatap muka di tempat aman

Kasus penipuan dimana penipu meminta transfer uang terlebih dahulu sudah sering terjadi. Oleh sebab itu, jangan sampai kalian menjadi korban berikutnya.

Pastikan Website Sudah Benar

Metode paling umum dalam penipuan transaksi online adalah dengan mengarahkan kalian kepada website palsu yang nampak mirip dengan web aslinya. Web palsu ini biasa disebut dengan web phising. Metode penipuannya adalah dengan meminta kalian login atau melakukan pembayaran melalui web palsu tersebut. Saat kalian mencoba login atau mencoba melakukan pembayaran di web palsu tersebut, otomatis data yang kalian masukkan akan tersimpan dan bisa dibaca serta dipergunakan oleh penipu tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum memasukkan data login, atau jika hendak melakukan pembayaran dan diminta memasukkan data kartu kalian, pastikan untuk mengecek apakah link website sudah benar dan bukan web phising. Jika merasa sudah memasukkan data ke dalam web phising, langkah yang perlu dilakukan adalah segera menghubungi pihak bank kalian untuk melakukan blokir, serta segera mengubah akses bank tersebut.

Jangan Bagikan Data Sensitif

Penipu akan melakukan berbagai cara. Salah satunya dengan mendapatkan akses pada akun bank kalian. Cara yang biasa mereka lakukan misalnya dengan meminta kalian menyebutkan kode OTP yang baru saja masuk ke SMS di handphone kalian. Berbagai alasan akan dilakukan penipu tersebut. Misalnya, agar transaksi bisa lanjut maka kalian harus menyebutkan kode OTP tersebut.

Hindari mengikuti arahan yang diminta oleh penipu. Jangan pernah membagikan data-data sensitif apapun kepada orang lain, misalnya:

  • Kode OTP yang masuk ke Handphone
  • Link khusus yang dikirimkan bank ke Handphone
  • Data atau foto kartu kredit
  • Informasi pribadi, seperti email, nama ibu kandung, dan tempat tanggal lahir

Jika saat berbelanja online kalian diminta memberikan data tersebut, segera hentikan transaksi dan cari tempat berbelanja online lainnya.

Periksa Deskripsi Produk dengan Jelas

Penipuan paling umum adalah dimana produk di marketplace ternyata tidak sesuai dengan yang kalian pikirkan. Misalnya, kalian hendak membeli gaun pesta. Namun penjual ternyata mengecoh para pembelinya dengan menuliskan di deskripsi bahwa gaun tersebut berukuran kecil untuk boneka.

Kejadian lain yang cukup sering terjadi adalah bahwa produk tersebut ternyata tidak sepaket seperti yang kalian bayangkan. Misalnya, kalian hendak berbelanja online sebuah laptop untuk gaming. Karena tidak membaca deskripsi produk dengan teliti, kalian tidak membaca bahwa laptop tersebut tidak terinstal OS, dan bahkan tidak ada kartu garansinya.

Jadi sebelum melakukan pembayaran transaksi jual beli online di marketplace, pastikan membaca deskripsi produk terlebih dahulu. Jika deskripsi produk tidak lengkap, pastikan untuk bertanya kepada penjual semua hal yang perlu diketahui.

Selalu Sedia Nomor Kontak Layanan Pelanggan

Selalu ada kemungkinan adanya masalah saat transaksi online. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyimpan nomor kontak layanan pelanggan yang disediakan oleh bank kalian. Jika ada masalah dalam transaksi online yang dilakukan, kalian bisa segera menghubungi pihak bank untuk meminta bantuan.

Untuk detail nomor kontak layanan pelanggan ini, silahkan cek: Daftar Kontak Layanan Pelanggan Seluruh Bank di Indonesia.

Karena kebanyakan layanan kontak bank bukan layanan bebas pulsa, pastikan untuk menyiapkan pulsa yang cukup.

Demikian beberapa tips yang perlu kalian lakukan agar bisa lebih aman saat transaksi online. Jika memiliki kendala saat transaksi online, pastikan untuk tetap tenang, segera hubungi layanan pelanggan, dan jangan mudah diarahkan untuk memberikan data sensitif atau melakukan hal-hal yang dapat merugikan kalian. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bagikan konten ini sehingga lebih banyak orang yang bisa terbantu.