5 Penyebab Mobile Banking Tiba-Tiba Tidak Bisa Digunakan

Memang menyebalkan saat hendak melakukan pembayaran via mobile banking, tapi aplikasi tidak bisa digunakan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini. Apa saja penyebab terjadinya hal ini dan bagaimana mengatasinya?

Lihat Juga: Biaya Transfer Antar Bank

Penyebab Mobile Banking Tiba-Tiba Tidak Bisa Digunakan

Ketika mobile banking tiba-tiba bermasalah sehingga tidak bisa digunakan, jangan langsung panik. Tetap tenang dan cek beberapa hal berikut yang biasa jadi penyebab mobile banking tidak bisa digunakan:

Aplikasi Kadaluarsa

Pembaharuan aplikasi mobile banking sering terjadi. Jika tidak segera memperbaharui versi mobile banking maka nantinya aplikasi tidak akan bisa digunakan. Oleh sebab itu, jika aplikasi mobile banking tiba-tiba tidak bisa digunakan, cobalah cek apakah ada pembaharuan mobile banking. Jika aplikasi masih tidak bisa digunakan, silahkan cek penyebab masalah selanjutnya.

SIM Card Mati

Jika sim card mati, aplikasi mobile banking juga biasanya akan bermasalah. Bisa juga karena tiba-tiba settingan sim card berubah dimana slot pertama sim card dinonaktifkan, Oleh sebab itu, silahkan cek apakah sim card di slot 1 bekerja dengan baik. Caranya dengan mencoba mencek apakah handphone bisa cek pulsa, menerima telepon dan sms, serta apakah sim card dapat melakukan panggilan.

Perubahan Setting Penggunaan Data di HP

Settingan penggunaan data di handphone bisa berubah. Terutama jika handphone selesai  melakukan update. Oleh sebab itu, silahkan buka pengaturan penggunaan data dan cek apakah setingannya sudah benar dimana mobile banking bisa diakses melalui jaringan wifi maupun jaringan seluler di sim 1 dan sim 2.

Jaringan Internet Bermasalah

Kemungkinan selanjutnya yang menyebabkan mobile banking tiba-tiba tidak bisa digunakan adalah karena jaringan internet bermasalah. Misalnya karena tidak ada jaringan internet di tempat kalian saat hendak melakukan transaksi dengan mobile banking.

Untuk itu, cobalah cek apakah bisa menggunakan jaringan internet untuk membuka website. Dengan demikian kita bisa tahu apa penyebab mobile banking tiba-tiba tidak bisa kalian gunakan.

Ada Perbaikan Sistem di Mobile Banking

Faktor selanjutnya yang menyebabkan mobile banking tiba-tiba tidak bisa digunakan adalah karena memang ada masalah di mobile banking. Misalnya ada perbaikan sistem di mobile banking. Jika memang masalah mobile banking yang tiba-tiba tidak bisa digunakan terjadi karena faktor adanya perbaikan sistem, maka silahkan menunggu hingga perbaikan sistem ini selesai dilakukan.

Demikianlah beberapa faktor yang menjadi penyebab mobile banking tidak bisa digunakan serta solusi untuk mengatasinya. Jadi jangan panik ketika masalah ini muncul. Jika diperlukan, silahkan menghubungi layanan customer service dari bank bersangkutan.