Tips & Info

Beberapa informasi dan tips menarik selalu kami sajikan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan keuangan termasuk transaksi keuangan di dalamnya.

Perbedaan Menyimpan, Menabung, Dan Berinvestasi

Setiap kali kita melihat pada layar computer ketika browsing. Kata "investasi" atau "investment" adalah salah satu hal yang banyak ditemukan. Seolah-olah banyak sekali pihak yang menarik kita untuk berinvestasi. Investasi dianggap sebagai salah satu jalan pemecahan mengelola keuangan yang kita punya, sebagai tabungan di masa mendatang.

Lalu muncul pertanyaan, apa bedanya menyimpan, menabung dan berinvestasi? Kan semuanya sama-sama memiliki fungsi untuk menyimpan demi masa mendatang?
Menyimpan berarti kita hanya sekedar menyimpan kekayaan kita disuatu tempat, sehingga waktu berubah namun kuantitas kekayaan kita akan tetap sama. Sama pada saat kita memasukkan dan mengambil. Menyimpan bisa dilakukan dimana saja, sesuai dengan keinginan kita.
Jika dahulu orang menyimpan uang di bawah kasur, maka dengan adanya bank akan menghindarkan masyarakat dari risiko tindak pencurian dan uangnya dimakan rayap.  Kegiatan menyimpan kekayaan di bank itulah yang disebut dengan menabung. Bedanya adalah, kekayaan kita akan mengalami pertambahan dan pemotongan sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh bank. Mulai dari biaya administratif, maupun penambahan melalui bunga.  Nilai bunga bank lebih kecil dari inflasi yang menyebabkan daya beli uang kita jadi lebih sedikit.

Sedangkan investasi merupakan hal yang jauh berbeda. Investasi sendiri berarti  menabung yang berorientasi pada tujuan tertentu dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.Dan tujuan dalam berinvestasi pun sudah jelas antara lain:

  • Tujuan atau kebutuhan secara spesifik, misalnya untuk pendidikan anak, memiliki rumah, atau persiapan pensiun.
  • Seberapa besar dana yang akan dibutuhkan untuk tujuan dimaksud.
  • Kapan kebutuhan itu diperlukan dan berapa lama (jangka waktu) untuk mencapai waktu tersebut. Hal tersebut juga berkaitan dengan pilihan atau alternatif investasi yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Strategi mencapai tujuan melalui investasi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Eko P. Pratomo , salah satu pakar investasi Indonesia, perbedaan yang membedakan antara menabung dengan investasi adalah pada:

  1. Tujuan dan kebutuhannya yang tidak begitu spesifik.
  2. Tidak memperhitungkan besar dana yang dibutuhkan untuk tujuan dimaksud
  3. Tidak menentukan kapan kebutuhan tersebut dibuthkan berapa lama jangka waktu pencapaiannya.
  4. Tidak banyak alternative untuk mencapai tujuan
  5. Tidak perlu ada strategi untuk mencapai tujuan.

Dalam berinvestasi tentu dibutuhkan lebih banyak nyali dan wawasan karena hasil besar yang didapat tentu disertai dengan resiko kehilangan yang besar juga. Kelebihannya adalah Anda, zaman sekarang berinvestasi menjadi hal yang tidak sulit lagi. Investasi dapat dilakukan oleh siapapun dan melalui media apapun.