Tips & Info

Beberapa informasi dan tips menarik selalu kami sajikan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan keuangan termasuk transaksi keuangan di dalamnya.

Kenali Perbedaan LLG Dan RTGS Saat Transfer Uang Antar Bank

Transfer Antar Bank, Transfer Beda Bank, Transfer Lain Bank, Transfer Bank LLG, Transfer Bank RTGS, Transfer Bank Online, Transfer m Banking, Transfer Uang Beda Bank, Transfer Kode Bank, Transfer Lintas Bank

 

Perkembangan zaman dan teknologi pada akhirnya memberikan kemudahan bagi kita untuk mengakses segala sesuatu dengan cepat. Salah satunya tentu merupakan hal yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita yakni transfer uang. Dalam mentransfer, terkadang terdapat beberapa istilah yang tidak kita mengerti. Apalagi bagi Anda yang mungkin baru pertama kali melakukan transfer antar bank, baik itu untuk pembayaran order pesanan barang lewat internet atau keperluan lain, biasanya Anda akan dihadapkan pada dua pilihan mekanisme transfer yaitu LLG dan RTGS.

Apakah itu LLG dan RTGS? Apakah perbedaan dari keduanya?

LLG, singkatan dari Lalu Lintas Giro, merupakan proses transfer rekening antar bank yakni transfer dari rekening kita ke rekening dibank lain melalui mekanisme kliring. Proses kliring (Clearing) adalah tindakan bank untuk mengecek apakah saldo yang hendak ditransfer itu cukup atau tidak. Kekurangannya proses ini memakan waktu yang lebih lama untuk sampai direkening tujuan, yakni sekitar 2-3 hari kerja. Selain itu kekurangannya adalah proses LLG harus disesuaikan dengan jadwal kliring bank itu sendiri. Keuntungannya biaya yang dikenakan memang lebih murah.

Proses yang kedua adalah RTGS, singkatan dari Real Time Gross Settlement, jadi uang dari rekening kita akan dipindahkan ke rekening tujuan secara real time atau saat itu juga. Real time disini bukan berarti pada jam dan menit yang sama. Melainkan membutuhkan beberapa jam untuk memindahkan uang sampai rekening tujuan. Waktu yang cepat merupakan kelebihan dari RTGS dibandingkan LLG. Selain itu, melalui RTGS nasabah dapat secara lebih mudah melakukan transaksi bisnis.

Mengapa bisa demikian?

Karena selain cepat, RTGS juga memprovide transfer tanpa perlu membawa uang tunai. Namun kekurangannya adalah biaya yang dikenakan juga lebih mahal. Untuk transfer antar bank dengan nilai nominal besar sangat dianjurkan untuk menggunakan mekanisme RTGS ini. Dari penjelasan tersebut diatas tentunya sekarang Anda bisa memilih mana proses transfer antar bank yang sesuai dengan keperluan anda masing-masing.