Tips & Info

Beberapa informasi dan tips menarik selalu kami sajikan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan keuangan termasuk transaksi keuangan di dalamnya.

Disaster Recovery

Mungkin sebagian dari Anda pernah membaca mengenai disaster recovery dalam ATM. Atau artikel mengenai hal tersebut. Terdengar sedikit serius dan menakutkan dengan adanya kata "disaster" disitu.

Namun sebetulnya apa itu disaster recovery?

Disaster recovery adalah tahapan-tahapan proteksi Server System yang harus dipersiapkan agar jika terjadi musibah atau kerusakan dalam sistem, sehingga proses recovery atau pemulihan dapat dilakukan dengan cepat. DRP sangat hubungannya dengan zero downtime   sistem server. Dengan adanya pemulihan melalui disaster recovery, server system atau pusat pengelolaan data dapat terus memberikan layanan tanpa henti kepada Client maupun kepada Customer.
Hal ini dapat terjadi apabila suatu server system atau pusat pengelolaan data tidak didesain dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan server mengalami DOWN atau kerusakan dan membutuhkan waktu sekian menit bahkan berjam-jam. Permasalahan serius muncul ketika terdapat puluhan hingga ratusan nasabah bank akan mengantri di depan mesin ATM atau bahkan nasabah menjadi tidak percaya pada bank dan menarik uang deposit / tabungan-nya. Maka untuk mempermudah transaksi anda, ada baiknya Anda cerdas dalam memilih ATM mana yang telah teruji melalui disaster recovery sehingga tidak akan timbul permasalahan ke depannya.