Berita & Promo

Selalu ada berbagai promo istimewa dan special event menarik dari ATM Bersama, khusus untuk Anda. Ikuti update-nya di sini

Artajasa Meluncurkan Layanan GoldREX-ATM Bersama

Hong Kong, 26 Desember 2010 -  Pengiriman uang (remittance) yang praktis, cepat, aman dan langsung sampai seketika kini bisa dinikmati  oleh Warga Negara Indonesia yang berada di Hong Kong. Bertempat di Queen Elizabeth Stadium Wancai, Hong Kong, PT. Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa), selaku pengelola layanan ATM Bersama bekerjasama dengan Shinetown Multimedia Services Ltd (Shinetown) serta disaksikan oleh ribuan para pekerja Indonesia, meluncurkan layanan GoldREX-ATM Bersama.

Layanan GoldREX-ATM Bersama merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengiriman uang (remittance) keseluruh bank di Jaringan ATM Bersama melalui telepon selular sehingga pengirim dapat melakukan pengiriman uang dimana saja, kapan saja, tidak perlu antri dan dana akan diterima di rekening tujuan pada saat itu juga (real time on line).

"Kami sebagai perusahaan nasional yang bergelut di dunia remittance berkomitmen untuk memajukan bangsa Indonesia dengan mengajak para pekerja Indonesia yang tinggal di Hong Kong untuk belajar menyimpan uang di bank, agar hasil jerih payah mereka selama bekerja tidak sia-sia" ujar Arya Damar, Direktur Utama Artajasa disela-sela peluncuran layanan GoldREX-ATM Bersama di Hong Kong.

Untuk menikmati layanan ini, pengirim terlebih melakukan registrasi  di counter Shine Club dengan menyertakan data diri, dokumen pendukung serta dilengkapi dengan beberapa nomor rekening tujuan. Hal ini guna mengetahui data si pengirim sesuai dengan prinsip yang juga dicanangkan oleh Bank Indonesia yaitu "Know Your Customer".

Setelah dilakukannya pendaftaran menjadi anggota GoldREX-ATM Bersama, pengirim tersebut dapat melakukan penyetoran dana (cash in) di ratusan gerai 7 Eleven yang tersebar  diseluruh Hong kong. Baru kemudian pengirim dapat melakukan pengiriman uang kapanpun mereka mau melalui telepon seluler mereka.

Artajasa bekerjasama dengan Shinetown, yang merupakan perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Hong Kong guna memberikan kemudahan kepada pengirim dimana mereka bisa melakukan pengiriman uang dari seluruh operator selular yang ada di Hong Kong.

"Shinetown berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan untuk market segmen Indonesia di Hong Kong. Waktu untuk melakukan kegiatan pribadi bagi Pekerja Indonesia di Hong Kong sangat terbatas, sehingga kami menggabungkan dua hal yang paling penting, komunikasi dan remittance, dalam satu wadah layanan mobile remittance. Dengan demikian, para TKI dapat menggunakan waktu luangnya dengan lebih bermanfaat," kata James Lam, Chief Executive Officer Shinetown Multimedia Service Ltd.

Saat ini masih banyak pekerja yang melakukan pengiriman uang ke Indoneisa melalui perusahaan penyelenggara pengiriman uang diluar bank yang dimiliki oleh pihak asing ataupun perusahaan yang tidak resmi. Bukan melalui bank atau perusahaan penyelenggara pengiriman uang nasional yang resmi.

Sebut saja di negara Hong Kong, menurut data dari Konsulat Jenderal RI di Hong Kong terdapat lebih dari 300.000 WNI yang bermukim disana, baik itu para pekerja IndoensiaI maupun WNI yang memang tinggal disana. Bayangkan jika masing-masing WNI mengirimkan dana senilai rp. 5juta setiap bulannya, maka ada sekitar  Rp. 1,5triliun dana yang dikelola oleh perusahaan penyelenggara pengiriman uang asing atau yang tidak resmi tersebut. Itu baru di negara Hong Kong saja, belum lagi di negara Malaysia dan Arab Saudi dimana penduduk Indonesia jumlahnya hingga jutaan orang.

Hal ini sangat disayangkan karena jika saja para pekerja Indonesia mngirimkan uangnya melalui perusahaan nasional, baik bank maupun di luar bank, maka semua manfaat dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara total.

****

Sekilas PT Artajasa Pembayaran Elektronis

Artajasa merupakan pionir dalam penyedia jaringan infrastruktur perbankan. Sejak berdirinya pada tanggal 10 Februari 2000, Artajasa fokus menggarap pasar transaksi elektronis di Indonesia. Saat ini layanan ATM Bersama yang dikelola oleh Artajasa telah beranggotakan lebih dari 75 bank, terdiri dari bank pemerintah, bank swasta nasional, bank asing, BPD-BPD seluruh Indonesia dan juga BPR, dengan jumlah ATM sebanyak 22.000 terminal tersebar dari Aceh sampai dengan Papua.

Selain itu, Artajasa juga menyediakan solusi online payment bagi penerbit tagihan (billing provider), seperti jasa telekomunikasi (Telkomsel, Indosat, XL, Esia, Mobile-8), multifinance (FIF, Adira, Bussan Auto Finance, Summit Oto Finance, Oto Multiarta), penerbit kartu kredit (Citibank), Asuransi (Takaful dan Prudential), Pajak Bumi & Bangunan dan PLN, yang memungkinkan para penggunannya melakukan pembayaran tagihan atau isi ulang pulsa melalui berbagai cara, termasuk melalui kantor cabang, ATM, telepon, handphone dan internet. Saat ini tak kurang dari 40 bank dan PT. POS Indonesia telah tergabung ke jaringan online payment Artajasa sebagai collecting agent.

Tidak hanya itu, guna memberikan kemudahan bagi business partner dalam perluasan delivery channel-nya, Artajasa memberikan layanan terbaru yaitu, Electronic Channel (E-Channel). Layanan outsourcing e-channel ini menyediakan delivery channel seperti ATM, EDC, KOISK, dll dimana Artajasa juga melakukan fungsi operasional seperti pemeliharaan hardware, pengisian uang, konsultasi dan keamanan. Sehingga business partner dapat tetap berkonsentrasi terhadap bisnis utamanya dengan tenang.

Sekilas Shinetown Multimedia Services Ltd

Shinetown Telecommunication Limited yang berdiri tahun 1997 telah melayani market segmen Indonesia di Hong Kong selama 13 tahun, dimulai dari telepon umum, kartu telepon prabayar dan kartu SIM (layanan "MVNO").
Menanggapi kebutuhan Tenaga Kerja Indonesia, Shinetown Multimedia Services Ltd, khusus didirikan 5 March 2008 dengan fokus layanan Mobile Remittance dan Mobile Load Transfer.
Dengan latar belakang ekspertis di bidang telekomunikasi dan kolaborasi dengan ATM Bersama, Shinetown menyediakan one–stop-service untuk kebutuhan telekomunikasi dan pengiriman uang sekaligus dalam layanan mobile remittance. Kerjasama Shinetown dengan 7Eleven juga memungkinkan 1000 gerai 7Eleven di seluruh Hong Kong digunakan sebagai cash-in point untuk remittance.
Sebagai solusi untuk Tenaga Kerja Indonesia yang punya waktu terbatas, Shinetown menyediakan remittance di mana pengiriman dapat dilakukan anytime anywhere tanpa perlu mendatangi tempat remittance.

Untuk informasi lebih lanjut:

Lia Herlianawaty
Corporate Communications
PT Artajasa Pembayaran Elektronis
Menara Thamrin, Lt. 6
Jl. M.H. Thamrin Kav 3
Jakarta – 10340, INDONESIA
Telp: +6221 – 39830040
Fax: +6221 – 2303889
HP: +6285216202494
Email: lia.herlianawaty@artajasa.co.id
Website: www.artajasa.co.id

Shinza Eden
Marketing
Shinetown Multimedia Service Ltd
20/F Unit 1-16 Corporation Park
11 On Lai Street, Shatin
HONG KONG
Telp: +852 – 21727777
Fax: +852 – 21727778
HP: +85261903863
Email: shinza@shinetown.com.hk
Website: www.shinetown.com.hk